click this image to see the full list

2月 21, 2011

ComiPo!, program pembuat manga untuk "Orang yang tidak bisa menggambar"

Perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Tokyo, Web Technology Com Corporation, mengumumkan software Windows baru yang disebut ComiPo!, yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat manga sendiri dengan menciptakan karakter 3D dan berbagai pengaturannya. Menurut perusahaan tersebut, bahkan "orang-orang yang tidak bisa menggambar" pun dapat membuat manga dengan software ini.

Pencipta manga Keiichi Tanaka (Minori no Seishun, Doctor Chichibuyama), saat ini menjabat sebagai General Manager & Solution Sales Division di perusahaan itu, sedangkan Kentaro Takekuma [Even A Monkey Can Draw Manga] mengkonsultasikan pengembangan perangkat lunak tersebut.
Desainer Karakter Kumi Horii (Seitokai no Ichizon, Zone of the Enders) membuat berbagai model karakter built-in-nya. Model-model ini, bersama dengan berbagai latar belakangnya, tersedia dalam bentuk 3D, yang memungkinkan para penggunanya untuk menggeser berbagai sudut maupun ketika merancang berbagai panel manga mereka. Para penggunanya juga dapat menyesuaikan desain Horii dengan gaya rambut yang berbeda, warna rambut, mata, ekspresi, pakaian, dan berbagai fitur lainnya. Para penggunanya dapat mengimpor berbagai desain aslinya sendiri ke dalam program, namun, Tanaka mengatakan bahwa software modeling 3D-nya tidak akan disertakan pada saat peluncuran, namun akan memulai debutnya di versi yang lebih baru.
Seperti yang dikutip megindo.net dari www.animenewsnetwork.com, ComiPo! menghadirkan karakter cewek berumur 17 tahun, Miho "Comipo-chan" Koishikawa, yang memberi nasihat kepada para penggunanya. Sayaka Nakaya (Usaru-san) dari grup idol AKB48 mengisi suara karakternya. Sebagai pemimpin dari "ComiPo! Supporters", ia akan merekam dialog yang akan menemani manga satu-panel mingguan yang dimulai pada bulan Desember.
Tanaka mengatakan bahwa perusahaannya mengharapkan perangkat lunak ini akan populer baik dengan pengguna biasa yang tertarik pada cerita visual, dan dengan pencipta manga profesional yang membutuhkan bantuan dengan tata letak dan pekerjaan lain yang biasanya dilakukan oleh para asistennya.
Para penggunanya akan diijinkan untuk "membuat manga untuk aplikasi bisnis yang terbatas (seperti brosur)", tetapi Web Technology Com mempertahankan hak cipta untuk semua model dalam program ini. Open beta gratisnya akan tersedia untuk versi bahasa Jepang pada bulan November, dengan perilisan penuh perangkat lunak ini pada pertengahan Desember. Pada peluncuran resmi, akan ada tiga pilihan pembelian: versi gratis, versi terbatas; yang bisa di unduh (6.700 Yen atau sekitar 83,00 US$), dan paket "deluxe" di toko-toko (9700 Yen / 120,00 US$). [Asun/Megindo.net]

0 件のコメント:

コメントを投稿