click this image to see the full list

3月 26, 2011

"Your lie was a lie" - Tsundere's fascination

Tsundere..
tentu para anime-lovers sudah sangat familiar dengan karakter heroine yang satu ini.. kali ini saya akan menjelaskan apa itu tsundere sebenarnya menurut pandangan saya...


kenapa kali ini saya memilih untuk menulis artikel tentang tsundere? faktanya, karakter tsundere adalah salah satu karakter yang paling populer dan sering digunakan di anime.. (sebagai contoh, Nagi-Hayate no Gotoku, Taiga-Toradora!, Shana-Shakugan no Shana, Louise-Zero no Tsukaima, dan masih banyak lagi..)

Nagi - Taiga - Shana - Louise



akan tetapi, apa itu sebenarnya tsundere?
Tsundere (ツンデレ), tidak lain adalah pengembangan karakter heroine dalam anime dimana pada awalnya bersikap dingin dan selalu bertaut dengan hero/protagonist, namun secara berangsur menunjukkan sikap lembutnya dan mulai menyukai sang hero/protagonist. dengan kata lain, bisa dibilang bahwa karakter tsundere itu karakter yang keras diluar "Tsun Tsun (ツンツン)", tapi sebenarnya hatinya sangatlah lembut dan pemalu "Dere Dere (デレデレ)"...

Haruhi Suzumiya - Suzumiya Haruhi no Yuutsu

"Your lie was a lie"
dalam perbuatannya, seorang cewek tsundere selalu melakukan hal yang bertentangan dengan keinginan hatinya (mungkin karena gengsi). dia selalu tidak bisa jujur pada perasaannya yang sebenarnya menaruh hati pada sang hero/protagonist. cukup mudah sebenarnya bagi kita untuk mengenali karakter yang satu ini. misalnya saja, ketika sang hero/protagonist menunjukkan sisi cool nya di depan cewek, kemudian cewek tersebut malah melontarkan kata-kata yang menyakitkan seperti "Baka!"atau "Idiot!" dengan blush di pipinya, maka tidak salah lagi, cewek itu 100% Tsundere..!

Ryuuji Takasu and Aisaka Taiga (Toradora!)


"Hate can easily turn into Love"
kata-kata ini benar-benar menjelaskan tentang bagaimana tsundere itu. pada kenyataannya, perbedaan antara benci dan cinta itu sangatlah tipis. begitu juga di dalam anime, pertengkaran antara cowok dan cewek malah akan membuat hubungan mereka semakin akrab bukan? karena secara tidak langsung ketika kita membenci seseorang, maka kita akan lebih memikirkan atau memperhatikan orang tersebut lebih dari orang lain. dan ketika telah mencapai turning-point, ketika cowok tersebut menunjukkan sisi cool dari diri-nya, maka cewek tersebut akan benar-benar jatuh cinta kepadanya. dan pada saat itulah sikap cewek tersebut berubah 180 derajat dari yang sebelumnya. dari situlah karakter tsundere itu berasal.

karakter tsundere menurut saya sangatlah unik. selain ketika karakter "dere"-nya muncul, tsundere memberikan kesan tersendiri di setiap anime yang menggunakan karakter ini pada heroine-nya. disamping itu, ketika karakter "dere"-nya itu muncul, hal itu membuat penasaran para penonton tentang bagaimana kelanjutan ceritanya. dan tanpa disadari tsundere telah menjadi salah satu faktor yang menentukan rating dari sebuah anime.

akan tetapi, dimana ada "pro" pasti ada "kontra"-nya juga. tidak sedikit orang yang merasa kesal dengan heroine yang memiliki karakter ini. karena terkadang ketidakmampuan-dalam-menyatakan-perasaan-yang-sebenarnya dari cewek tsundere membuat sebuah kesan "what-a-pain-in-the-ass!". dan tidak jarang juga anime yang heroine-nya  adalah seorang tsundere memiliki ending yang menggantung..

0 件のコメント:

コメントを投稿